Film XXI Short Film Festival 2013 Hadir di Layar Lebar

Setelah sukses menyelenggarakan festival film pendek tingkat nasional, XXI Short Film Festival yang pertama, pada Maret lalu, kini Cinema 21 akan menghadirkan kompilasi film-film pemenang XXI Short Film Festival 2013 di layar lebar.

Kami bangga atas enam film pemenang ini, ujar Catherine Keng dari pihak Cinema 21. Masing-masing film menunjukkan ciri khasnya tersendiri sebagai film pendek yang memang layak untuk ditayangkan di layar lebar. Semoga dengan dirilisnya film-film pendek pemenang XXI Short Film Festival ini akan lebih banyak filmmakers baru yang terpacu untuk membuat karya film mereka dengan kualitas yang sama baik atau bahkan lebih baik.

Perhelatan XXI Short Film Festival digelar untuk menampilkan karya-karya terbaik anak bangsa dalam bentuk film pendek. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mencari bakat-bakat muda dalam film Indonesia yang akan menjadi kekuatan dunia perfilman di masa mendatang.
Pada edisi pertama festival terjaring 730 pendaftar film pendek. Selama penyelenggaraan festival pada 21-24 Maret 2013 lalu di Epicentrum XXI, lebih dari 4.500 penonton datang untuk menyaksikan finalis film-film pendek dan berinteraksi dengan para pembuatnya.

Enam film pemenang dari festival film ini akan hadir mulai tanggal 4 Juli 2013 di bioskop-bioskop terpilih Cinema 21 di beberapa kota di Indonesia.
Film-film tersebut adalah sebagai berikut.

a. Wan-An (Film Pendek Fiksi Terbaik, Film Pendek Fiksi Pilihan Media, Film Pendek Favorit)
Sutradara: Yandy Laurens

b. Jadi Jagoan ala Ahok (Film Pendek Dokumenter Terbaik)
Sutradara: Alm Chandra Tanzil & Amelia Hapsari

c. Keripik Sukun Mbok Darmi (Film Pendek Animasi Terbaik)
Sutradara: Heri Kurniawan

d. Honey, I'm Home (Film Pendek Dokumenter Pilihan Media)
Sutradara: Dosy Omar

e. Moriendo (Film Pendek Animasi Pilihan Media)
Sutradara: Andrey Pratama

f. Salah Gaul (Special Mention Film Pendek Dokumenter)
Sutradara: Abdul Razzaq dan Sahree Ramadhan. (smn)