Inul Daratista Berdamai dengan KCI

Setelah berbulan-bulan menjalani sidang gugatan antara pihak KCI (selaku penggugat) dengan perusahaan Karaoke Inul Vista (selaku tergugat) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kini keduanya telah berdamai. Hal ini dilakukan bersama untuk kepentingan perkembangan musik di Indonesia secara global.


"Hari ini kita mencatatkan catatan emas bagi perjalanan musik di Indonesia. Para insan musik telah membuktikannya melalui komunikasi kultural, bahasa musikal, yang mengedepankan nuansa perdamaian. Kita akan memasuki Ramadan, hikmahnya semua pihak menahan diri, lakukan kajian dan koreksi. Sejak siang tadi kami sudah bertemu Inul Vizta dan KCI untuk bicarakan hal-hal yang bermanfaat untuk dunia musik Indonesia," jelas Dharma Oratmangun selaku ketua umum KCI di depan awak media.

Dalam pertemuan islah ini mereka juga menandatangani perjanjian untuk mencabut gugatan terhadap Inul Vizta. Serta kerjasama kembali antara pihak KCI dan Inul Vizta.

"Pertama, kami sepakat tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan. Kami sepakat sama-sama cari solusi bijak untuk menghargai pencipta lagu di Indonesia. Kesepakatan dilandasi niat baik untuk beri apresiasi tinggi para pencipta lagu di Indonesia. Kedua, kami sepakat seluruh permasalahan hukum yang kami sama-sama bawakan di pengadilan akan kami hentikan. Karena kita anggap sudah selesai. Kita sudah capai kesepakatan damai. Perdamaian dilandasi niat tulus," tambah pria berkumis itu, saat ditemui di Hotel Mulia, Senin (8/7).

Inul Daratista yang tidak didampingi kuasa hukumnya terlihat senang karena sudah menemukan titik terang akan kasus yang menimpa usaha karaokenya ini. Ia pun sangat mendukung usaha KCI untuk membela hak-hak dari para pencipta lagu.

"Sehari sebelum puasa, saya terharu sekali karena hari ini spesial. Menjalankan ibadah dengan hati yang bersih. Kesepakatan yang sudah disepakati hari ini benar-benar indah buat saya. Terimakasih buat KCI. Kami sadari ini nggak bisa dilama-lamakan. Saya sangat bangga, senang bisa ketemu lagi dengan beliau yang kemaren sempat tegang," ujar Inul sambil tersenyum.

Namun baik Inul ataupun pihak KCI tidak mau membeberkan apa kesepakatan yang sudah mereka sepakati. Berapa akhirnya royalti yang harus dibayarkan oleh Iinul Vizta pertahunnya.

"Dalam kesepakatan ini kami sepakati, manajemen akan lakukan pembicaraan itu. Dilandasi apresiasi tinggi pada pencipta lagu. Disesuaikan pendapatan yang ada di perusahaan tersebut. Bukan KCImatok semau-maunya," kata Dharma.

"Rahasia perusahaan. Yang jelas kita nggak memberatkan KCI, dan KCI nggak memberatkan kita. Kita kerjasama memajukan musik Indonesia," tambah Inul sambil tertawa. smn/R-4