Finalis Puteri Indonesia Memasuki Masa Karantina

Yayasan Puteri Indonesia (YPI) kembali menggelar ajang tahunan pemilihan Puteri Indonesia (PPI) XVII/2012-2013 dengan tema "Membangun Karakter Bangsa melalui Integritas dan Karya". Melalui tema tersebut, YPI berharap dapat turut berkontribusi dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat pada karya anak bangsa melalui peran positif remaja putri yang dapat dijadikan panutan bagi generasi muda lainnya.

Malam Grand Final PPI 2012-2013 akan diselenggarakan pada 1 Februari 2013 bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center dan live di stasiun televisi swasta pukul 21.00 WIB. Tentunya juga dihadiri oleh Miss Univers 2012, Olivia Culpo, dari AS.

Tahun ini memang pemilihan Puteri Indonesia agak terlambat karena berhubungan dengan penyelenggaraan Miss Universe yang juga diundur. "Memang tahun 2012 kita tidak menyelenggarakan PPI karena kita ingin mengikuti Miss Universe. Kebetulan di Amerika akan ada pemilihan, jadi pihak panitia tidak mau mengambil risiko keamanan. Jadi kita mengikuti jadwal mereka saja," kata Putri K Wardani selaku ketua dewan pembina Yayasan Puteri Indonesia.

Peserta PPI 2012-2013 yang terdiri dari 38 finalis merupakan representasi dari 33 provinsi di Indonesia. Sebelumnya, mereka telah meraih gelar juara dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia di tingkat daerah masing-masing. Para finalis tersebut saat ini sudah menjalani masa karantina yang berlangsung dari 23 Januari dan akan selesai pada malam puncak, yaitu 1 Februari 2013, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

YPI juga telah menyiapkan beberapa gelar, antara lain Puteri Indonesia 2013, Puteri Indonesia Bumi 2013, Puteri Indonesia Internasional/Puteri Indonesia Pariwisata, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Fotogenic, dan Puteri Indonesia Kepulauan Favorit.

Ada yang spesial di tahun ini, yaitu perubahan desain tiara yang akan dikenakan oleh Puteri Indonesia terpilih. "Kebetulan karena kita franchise dari Miss Universe, biasa lima sampai tujuh tahun mengubah mahkota. Makanya kita juga mengikuti itu untuk menyamakan benang merah menuju dunia," imbuh Putri.

Parameter penilaian akan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Semua finalis harus memenuhi syarat 3B, yaitu kecerdasan (brain), penampilan menarik (beauty), dan berperilaku baik (behaviour). Selain seleksi penjurian yang ketat, para finalis akan menjalani rangkaian psikotes.

Tahun ini pun Puteri Indonesia rencananya digelar dua kali. Maria Selena, Puteri Indonesia 2011, mengaku sangat senang karena bisa menyandang status Puteri Indonesia terlama, yaitu lebih dari setahun.

Layaknya pemilihan putri-putrian, ke-38 finalis terlihat cantik-cantik. Namun ada yang berbeda dalam pemilihan kali ini. Salah satu finalis adalah seorang polwan. "Saya optimistis bisa menang karena saya tahu kemampuan saya. Dan instansi tempat saya bekerja pun bahu-membahu membantu saya untuk menjadi pemenang. Dan ini salah satu bentuk dedikasi saya untuk instansi saya. Saya ingin citra seorang polisi tak hanya tegas dalam bertugas, tapi juga bisa membuat harum nama kepolisian," kata Bripda Friska saat ditemui dalam acara konferensi pers, Rabu (23/1). smn/R-4