Perebutan Gelar Puteri Indonesia Berbakat

Event Pemilihan Puteri Indonesia 2013

Keanekaragaman budaya merupakan salah satu warna yang terdapat dalam Pemilihan Puteri Indonesia (PPI). Pada salah satu rangkaian karantina PPI 2012-2013 yang berlangsung sejak 23 Januari lalu. YPI menyelenggarakan Malam Seni dan Budaya/Malam Bakat. Dalam acara ini, para finalis yang mewakili propinsi Indonesia dari Sabang sampai Merauke melakukan unjuk bakat berkolaborasi dengan promosi seni budaya dari daerahnya masing-masing, di Puri Agung, Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Senin (28/1) malam.


Pada malam bakat ini, para finalis Puteri Indonesia 2012-2013 akan memperebutkan salah satu gelar atribut yang diberikan oleh YPI yaitu Puteri Indonesia Berbakat. Oleh sebab itu, pada malam tersebut diadakan penjurian yang menghasilkan nominasi pemenang tiga Puteri Berbakat 2012-2013. Beberapa juri untuk kategori ini adalah Arzeti Bilbina, Fira Basuki, dan Nadine Chandrawinata.

Meskipun penilaian telah dilakukan pada Senin malam, namun pengumuman pemenang Puteri Indonesia Berbakat ini baru akan dilakukan pada saat malam Grand Final PPI, pada 1 Februari mendatang.

Selain melakukan malam bakat, YPI juga mengadakan penganugerahan 'Sekar Bangsa 2013'. Anugerah sekar bangsa yang memiliku arti sebagai bunga bangsa yang merupakan bentuk apresiasi kepada perempuan-perempuan Indonesia yang telah berjasa dan berkontribusi kepada bangsa tanpa pamrih. Pemilihan pun didasarkan pada perempuan yang memiliki integritas serta berperan penting dalam bidang masing-masing.

"Tema penganugerahan Sekar Bangsa tahun 2013, memiliki kolerasi dengan penyelenggaraan pemilihan Puteri Indonesia tahun 2013 yaitu sebagai pengejawantahan nilai-nilai luhur dan pencarian panutan (role model) bagi masyarakat Indonesia, khususnya perempuan Indonesia. Adapun tema tahun ini adalah 'Membangun Karakter Bangsa Melalui Integritas dan Karya," kata Dewi Motik saat memberikan sambutan.

Sistem pemilihan nominasi anugerah Sekar Bangsa dilaksanakan melalui polling melalui internet, instansi, perorangan, dan media massa. Periode penjaringan telah dilakukan dari tanggal 1 November sampai dengan 31 Desember 2012.

Bagi pemenang anugerah Sekar Bangsa yang beruntung, mendapatkan hadiah uang tunai, plakat, dan bingkisan menarik dari Mustika Ratu dan YPI.

Berikut adalah para pemenang yang mendapat anugerah Sekar Bangsa. Untuk kategori sosial dan politik, berhasil dimenangkan ileh Nenden Suryani, 31 tahun. Untuk kategori sains teknologi diraih oleh Herawati Sudoyo. Kategori pariwisata dan budaya lingkungan hidup berhasil direbut Tety Suryati. Adapun kategori kewirausahaan ekonomi dan budaya dimenangkan oleh Alia Sidik. Terakhir, untuk kategori pendidikan dan pemberdayaan peremuan dimenangkan oleh Alini Fauziah. smn/R-4