Former- Child Stars Gone Bad

Setiap `bintang` agaknya memang memiliki waktunya sendiri untuk bersinar. Berikut adalah beberapa mantan bintang cilik, yang saat dewasa kariermya malah tenggelam.

Aksi menggemaskan bintang cilik di layar kaca maupun di layar lebar, sering membuat banyak orang tersenyum. Tingkah lucu sekaligus lugu mereka, berhasil menjadikannya idola. Sayangnya, tak semua bintang cilik `pintar` menjaga kepopuleran diri mereka.

Ada yang kian benderang di usia remaja, Agnes monica adalah salah satu contohnya. Alih-alih tenggelam, namanya kini malah kian mengilat di antara jajaran artis muda dunia. Bukan hanya mengumpulkan penghargaan di tingkat lokal, nama Agnes kini sering masuk daftar nominasi artis kelas internasional, dan menang!

Itu kisah artis cilik yang berhasil, tapi yang gagal? Juga tidak sedikit. Entah karena terlalu jauh dari pantauan orangtua, atau justri terpengaruh pergaulan bebas, ada beberapa tingkah selebritas yang saat dewasa malah tidak terkontrol.

Beberapa kali bahkan mereka terjerat masalah hukum. Entah ke mana perginya citra imut, lugu, dan menggemaskan mereka. Kini berganti kesan pemberontak, bahkan beberapa ada yang mengarah depresi. Berikut, adalah daftar sejumlah bintang cilik yang bermasalah ketika dewasa.

Lindsay Lohan

Tentu saja selebritas multisensasi ini masuk daftar teratas child stars gone bad. Di 1998, Lindsay melakukan debut layar lebarnya di film The Parent Trap. Di usianya yang baru 11 tahun, akting-nya mampu memukau banyak penonton. Bintik-bintik di wajahnya yang khas juga membuat Lohan mudah diingat. Hingga saat remaja, ia mendapat banyak tawaran bermain film.

Namun kini, perempuan 26 tahun itu menjadi simbol bintang salah arah. Dirinya langganan main ke klub malam, dan berpesta gila-gilaan di sana. Ia pernah tertangkap polisi membawa kokain ketika mengemudikan mobil. Mengendarai mobil di bawah pengaruh alkohol, juga menjadi "hobi" Lohan. Belum lagi kasus penguntilan yang ia lakukan di 2011.

Sudah banyak koleksi mug-shot dimilikinya. Media juga layaknya terus menunggu koleksi baru foto jepretan polisi itu, yang dihasilkan oleh tingkah liar Lohan. Tahun 2012, ia telah melakukan kasus penabrakan dua kali. Belum lagi memberikan pernyataan palsu pada polisi. Sayangnya, ketika diminta berkonsultasi ke psikiater, ia menolak.

Amanda Bynes

Kita bisa katakan, Amanda Bynes adalah "saingan" Lohan dalam child stars gone bad. Ketika 13 tahun, dirinya memiliki serial komedi sukses berjudul The Amanda Show. Performa mengagumkan Bynes saat itu, mampu membawanya ke banyak film remaja lain, sebut saja What I Like About You dan What a Girl Wants.

Dia bahkan didaulat menjadi salah satu remaja berpenghasilan tertinggi di 2007.
Namun setelah itu, gadis berambut pirang itu jarang mendapat tawaran berperan lagi. Serial televisinya dihentikan pada 2006. Walaupun sempat beberapa kali terlibat di sejumlah film, tapi Bynes tidak mendapat peran utama.

Popularitas ketika remaja yang tidak dilanjutkan hingga dewasa, tampaknya membuat dirinya tertekan. Hal ini membawa Bynes ke tingkah liar. Tahun 2012 dirinya terlibat empat kasus penabrakan. Satu di antaranya karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

Berkali-kali melakukan penabrakan, hukuman percobaan Bynes sempat ingin dicabut. Izin mengemudinya juga telah ditarik karena dianggap tak jera melakukan pelanggaran yang sama, berkali-kali. Namun tetap saja, Bynes tak jera dan tertangkap mengemudi, tanpa SIM.

Macaulay Culkin

Tingkah lucunya di film sukses Home Alone sangat menggemaskan. Seketika itu juga Macaulay menjadi bintang paling terkenal di AS, bahkan dunia. Tawaran bermain film pun berdatangan. Mulai dari sekuel Home Alone, My Girl, dan Richie Rich. Namun di 1994, Culkin memutuskan rehat dari dunia seni peran, dan kembali enam tahun kemudian.

Ketika berusia 18 tahun, ia memutuskan menikah, tapi pernikahannya hanya bertahan empat tahun. Mulai saat itu, rentetan masalah menyelimutinya. September 2004, Culkin dipenjara setelah kedapatan membawa 17,3 gram ganja dan sejumlah narkoba lain. Namun dirinya hanya mendekam sementara, setelah membayar jaminan 4.000 dollar AS.

Tidak berhenti di situ. Culkin kemudian dibawa ke meja hijau setelah pelanggaran masalah narkoba. Mulanya dia mengajukan permohonan tak bersalah, tapi kemudian menggantinya di 2005. Dari 2004 hingga sekarang, hanya dua film yang menampilkan dirinya. Belum lagi kecanduan minuman keras dirinya. Seperti tertekan, tubuh Culkin kini tampak sangat kurus.

Haley Joel Osment

Walaupun dirinya mulai memasuki dunia seni peran di usia empat tahun, namun nama Haley Joel Osment melejit ketika dirinya berperan di film The Sixth Sense. Melalui akting-nya saat itu, meski usianya baru 11 tahun, Osment berhasil meraih puluhan penghargaan. Dia bahkan dinominasikan sebagai Best Supporting Actor di Oscars dan Golden Globes.

Setelah filmnya A.I (Artificial Intelligence) di 2001, Osment lebih sering terlibat sebagai pengisi suara animasi maupun video game. Di 2006, tiba-tiba dirinya memenuhi headline berita entertainment. Di usia 18 tahun, Osment dipenjara setelah menabrak kotak surat hingga mobilnya terpental. Kecelakaan itu konon karena ia mengendara di bawah pengaruh alkohol.

Saat itu dirinya juga diduga kuat berada di bawah pengaruh narkoba, karena ditemukan ganja pada pakaiannya. Karenanya, Osment diganjar hukuman percobaan tiga tahun, perintah berobat ke pusat rehabilitasi, dan denda 1500 dollar AS. "Saya tidak bilang kalau masa kecil saya di dunia hiburan ini mengakibatkan hal itu (kecelakaan). Namun saya tetap akan mengambil makna di balik ini," ungkapnya. edh/R-1

Pendapat Selebritas Lokal

Tina Toon Tidak Mau Terulang

Siapa tak kenal Tina Toon? Saat masih menjadi artis cilik, ia muncul dengan gaya khas badan gemuk, dan kepala yang digoyang-goyang. Ia bahkan pintar menirukan goyang ngebor ala Inul. Sangat lucu dan imut. Namun itu dulu. Kini ia tumbuh menjadi gadis seksi dan tergabung dalam sebuah girlband.

Agaknya, Tina termasuk artis cilik yang tak mau kehilangan masa jayanya di masa dewasa. Karenanya ia melakukan banyak hal untuk menjaga kepopulerannya. Bahkan, sampai bersedia, berpose `berani` di sebuah majalah pria dewasa, pada 2012. Tak pelak, aksi penyanyi 19 tahun itu langsung menjadi pembicaraan hangat di Twitter.

Menjadi heboh, karena meski kini telah beranjak dewasa, masih banyak orang yang mempersepsikan Tina sebagai mantan artis cilik, yang citranya lugu. Setelah pemberitaan ini heboh, di depan awak media Tina meminta maaf, jika ada pihak-pihak yang jadi merasa tidak nyaman.

"Tadinya aku bersedia, karena temanya bagus. Yakni untuk menampilkan foto art, bukan sekadar foto biasa. Tapi yang harus diperjelas, saat itu aku mengenakan pakaian lengkap," ujarnya. "Ini akan saya jadikan pelajaran. Kalau ada tawaran seperti itu lagi, lebih baik dipertimbangkan (tidak)," tutupnya.

Dhea Imut Menjaga Citra Positif

Mantan artis cilik Dhea Imut, punya komentar sendiri tentang artis kecil yang tak bisa mempertahankan kualitas saat dewasa. "Memang jadi publik figur bukan perkara mudah. Banyak hal mesti ditekan agar tidak menciptakan paradigma minus terhadap diri sendiri. Susahnya, kalau publik mengenal aku sebagai sosok gadis kecil yang lucu. Tentunya menjadi beban berat untuk selalu menjadi sosok, yang benar-benar sempurna di mata masyarakat. Terlebih fans," ujar pemilik nama lengkap, Dhea Annisa ketika diwawancarai Koran Jakarta, beberapa hari lalu.

Dhea sendiri, sangat menjaga apa yang sudah ia capai sampai saat ini. Dan terus mempertahankan image baik yang ia pupuk dari kecil. Kesan sebagai gadis kecil imut, ramah dan baik, adalah sesuatu hal yang membuat Dhea merasa harus bisa mempertahankan apa yang menjadi pandangan publik terhadap dara ini.

"Selama ini, aku berusaha menjaga diri aku untuk tetap berada di jalur positif. Menghindari hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan. Buat aku, apapun yang kita lakukan, kalau positif, pasti Tuhan memberi jalan," ujar remaja berdarah Palembang itu.

Gracia Indri Minta Diawasi Mama

Aktris Gracia Indri, merintis kariernya di dunia hiburan sejak masih kecil. Kala itu ia dikenal sebagai Jesica dalam sinetron Bidadari. Ketika diminta komentarnya tentang aktris cilik yang dewasanya tenggelam, Gracia menjawab, "Menurut aku itu karena faktor kaget atas kepopuleran. Jadi tidak kontrol diri," ujar Gracia.

"Kepopuleran pastinya mendatangkan materi. Mungkin karena kebanyakan uang, mereka jadi nggak bisa mengatur sikap. Bisa juga faktor lingkungan. Seperti Lindsay Lohan dan McCulay Culkin, mereka begini karena sejak kecil punya keluarga Broken Home," tambahnya.

Untuk menghidari hal-hal seperti itu, Gracia selalu meminta mamanya, untuk menjaga dan mengatur kegiatan kesehariannya. Peran mama sangat penting baginya, terlebih setelah sang ayah tiada. "Balik ke orangnya masing-masing. Mereka tentunya bisa berpikir, mana yang baik dan mana yang merugikan," tutup Gracia. btr/smn/R-1