Titiek Puspa Bocorkan Rahasia Awet Muda

Usia Titiek Puspa memang sudah tak muda lagi. Ya, menginjak usia 75 tahun, artis yang juga memiliki bisnis katering ini memang masih terlihat cantik dan muda. Titiek pun membocorkan rahasia awet muda yang selama ini dijalaninya.

"Soal makan, saya makan yang bener. Banyak konsumsi sayur dan buah, dan yang paling penting adalah minum air putih," ungkap pemilik nama asli Sudarwati tersebut kepada Koran Jakarta, Senin (14/1).
Selain itu, Titiek mengaku tak mengonsumsi teh. Titiek pun membocorkan kunci utama awet muda, "Gembira dan selalu senyum."

Titiek juga mengaku menghindari penggunaan obat-obatan. "Kebetulan saya nggak suka minum obat. Dari kecil, kelas 3 SD, saya penyakitan mulu. Saya juga sampai harus ganti nama biar nggak sakit," ungkap pencipta lagu Kupu-kupu Malam tersebut. Karena itu, Titiek memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk menghindari penyakit.

"Yang penting air putih. Paling sekali-sekali air jeruk nipis, terus asem sama gula jawa dicampur kunyit," jelas peraih BASF Award untuk kategori Pengabdian Panjang di Dunia Musik pada 1994 itu.

Titiek juga mengaku senang melakukan puasa. "Orang Jawa itu puasa nomor satu. Ada puasa mutih (minum air putih saja), puasa nyodot (makan buah saja). Saya dari kecil sering melakukan itu. Ternyata itu membuat badan saya sehat," beber pemain Apanya Dong itu.

Yang paling penting, menurut Titiek, salah satu obat awet muda yang paling mujarab adalah tidak pernah berpikir keras. "Kalau memang nggak bisa ya nggak usah dipaksain. Saya orangnya semeleh (legawa), tapi bukan orang malas," pungkas Titiek. Smn/R-4


sumber: Koran Jakarta