Camelia Malik Sudah Setahun Pisah Rumah

Beberapa hari terakhir, beredar kabar bahwa Camelia Malik melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya, Harry Capry. Setelah beberapa waktu melakukan aksi bungkam, kemarin, akhirnya Camelia buka-bukaan mengenai masalah rumah tangga yang sedang menderanya. Mia (sapaan akrab Camelia) sudah mendaftarkan gugatan perceraiannya ke Pengadilan Agama Jakarta selatan 30 April lalu.

"Sebelumnya berat hari ini bertemu dengan teman, hari ini saya merasa orang yang paling bodoh nggak bisa berucap, saya juga nggak ingin berlama-lama lari dari peristiwa ini, lari jika bertemu karena takut ditanyakan hal ini. Masalah ini benar terjadi di kita berdua, hari ini hanya ingin mengucapkan terimakasih banyak untuk perhatian dan pengertiannya. Maaf kalau saya nggak bisa bercerita hal ini lebih jauh, karena saya harus menjaga banyak perasaan terutama dua anak saya. Saya pikir pasti mau mengerti apa yang saya lakukan hari ini. Selama ini saya selalu mau berbagi. Kalau terjadi pada saya dan keluarga ini sulit saat terjadi pada saya, mohon dimaafkan dan diikhlaskan, mudah-mudahan semua langkah yang hari ini dijalani dalam lindungan Allah SWT," kata Mia dengan raut wajah sendu.

Tentunya pengakuan Mia terasa sangat berat, mengingat kemarin adalah hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke 25. Namun, bukan sekadar emosi sesaat saja, ternyata bara dalam rumah tangga mereka sudah mulai menyala sejak lama.

"Satu tahun kita sudah nggak satu rumah, tapi kita baik-baik saja. Hari ini pas 25 tahun pernikahan kita, semua berat. Ini sudah kita pikirkan selama satu tahun, sudah berusaha, berpikir," tambah Mia.

Diakui Mia, anak-anak mereka pun tadinya sangat berat menghadapi perceraian orang tuanya. "Anak-anak saya dari menangis sampai mengerti, dia berharap yang terbaik untuk kita semua, selama pisah pun kita jalani dengan baik. Mas Harry tetap mengurus saya dan anak, pergi dengan anak berkomunikasi dengan baik. Memang kesalahan ini kekurangan kita berdua, mau kita jadikan berdua kesadadaran tinggi untuk tak melukai perasaan anak-anak. Bukan berarti kami berpisah, saya tak hormat lagi, itu nggak mungkin, kita pisah baik-baik kok," imbuhnya.

Perceraian ini tentunya menjadi pelajaran buat Mia dan Harry. Tapi, bukan buat anak-anaknya. Karena apa pun alasannya, perceraian tetap akan membuat kedua anaknya terluka. Meski hadir dalam jumpa pers, Harry justru tetap bungkam. Ia terlihat tidak sanggup bicara, dan hanya menangis yang ia bisa. Airmatanya sekaligus mengakhiri acara temu dengan awak media ini. smn/R-4