Suguhan Fashion Show dari Anggota Srikandi

Perkumpulan istri-istri WNA yang tergabung dalam organisasi non-profit Srikandi menggelar beberapa acara untuk pengukuhan ketua baru mereka. Pergantian yang dilakukan setiap dua tahun sekali itu dibarengi dengan parade fashion show dan pelatihan make up.


Salah satu rangkaian acara inti adalah fashion show yang dilakukan oleh member dan anak-anaknya.

"Ini acara sebenarnya untuk melantik ketua baru Srikandi dan memperkenalkan logo baru kita. Tapi karena salah satu anggota Srikandi juga ada seorang desainer namanya Xania Maya, kenapa nggak kita manfaatin aja untuk hiburannya," imbuh Ita Saleem ketua baru dari Srikandi periode 2013-2015.

Sekitar 30 model baju batik khas Indonesia diperagakan dalam acara itu. Namun acara ini juga tidak hanya sekedar untuk hura-hura saja. Mereka sebenarnya memiliki visi dan misi untuk memperjuangkan hak-hak mereka sebagai istri WNA dan anak-anak mereka.

"Banyak diskriminasi yang kita terima sebagai istri WNA dan keturunannya. Inilah yang menjadi fokus kita sebagai Srikandi Indonesia. Kita akan memperjuangkan dua kewarganegaraan seumur hidup untuk anak keturunan asing seperti anak-anak kami," kata Irene Alaydrus Hawadi Murphy yang merupakan ketua dua Srikandi.

Kegiatan seperti ini akan sering mereka lakukan termasuk kegiatan sosial di dalamnya. Karena anggota Srikandi ini terdiri dari beberapa istri WNA yang kehidupannya sangat mampu. Ada juga beberapa artis ibu kota yang memang menikah dengan WNA seperti Oppie Andaresta.

"Kita akan lebih sering melakukan kegiatan seperti ini, tak hanya untuk hura-hura tapi juga untuk kegiatan sosial. Dan tetap akan memeperjuangkan hak-hak kita," pungkas Ita Saleem. smn/R-4