5 Cm Rajai Festival Film Bandung

Perhelatan Festival Film Bandung (FFB) kembali digelar di lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jabar, Sabtu malam (15/6). Ajang film bergengsi ini merupakan momentum yang ditunggu-tunggu oleh insan perfilman baik itu para sutradara, penulis skenario, penata artistik, penata musik, aktor, dan aktris.


Dalam FFB tahun ini, diumumkan sejumlah pemenang untuk karya film dan narafilm terpuji, yang terbagi atas 13 kategori untuk film feature terpuji dan 12 kategori untuk film sinetron terpuji, dari 92 judul film yang beredar di bioskop pada periode Maret 2012 hingga April 2013. Dalam ajang festival kali ini, ada dua film yang tampil cemerlang dan bersaing secara ketat yakni film 9 Summers 10 Autums (2013) dan 5 Cm (2013).

"Festival Film Bandung ini sudah yang ke-26 kalinya terselenggara dan perlu evaluasi besar-besaran agar jauh lebih baik lagi," sambut aktor senior, Deddy Mizwar, yang hadir di event tersebut merangkap kapasitasnya kini sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat.

Menanggapi pernyataan Wagub Jabar, produser Ram Soraya, yang filmnya berjudul 5 Cm tampil dengan prestasi yang luar biasa di ajang ini, dengan penuh rasa terima kasih mengungkapkan harapan yang senada dengan Deddy Mizwar akan dinamika perkembangan perfilman Indonesia serta aspek dukungan para penonton yang turut berjasa mendukungnya.

"Saya sangat senang dengan apresiasi penonton karena dengan banyaknya penonton menjadi penting saat ini, terutama ketika film nasional harus bersaing dengan film impor," papar dia. Ram menambahkan dengan anugerah yang diterimanya melalui film 5 Cm, dia semakin bersemangat untuk terus menghasilkan film nasional yang berkualitas. Dia berjanji akan membuat dua film lagi pada tahun ini.

Dalam FFB kali ini, tak hanya para sutradara, penulis skenario, penata artistik, penata musik, aktor, dan aktris yang berprestasi saja yang menerima anugerah, karena pada kesempatan kali ini juga ada pemberian anugerah untuk kategori Life Time Achievement yang diserahkan oleh Wagub Jabar, Deddy Mizwar. Anugerah ini pada tahun ini diberikan pada aktris senior Rahayu Effendi, ibunda dari mantan Wagub Jabar, Dede Yusuf, atas andil dan kiprahnya dalam memajukan dunia perfilman nasional. "Para pemenang Life Time Achievement ini hampir seluruh hidupnya dicurahkan untuk perkembangan film Indonesia, dan FFB memberikan penghargaan pada orang-orang seperti itu," pungkas Deddy Mizwar. smn/tgh/R-3