Ini Daftar Para Pembocor Rahasia Terkenal

Edward Snowden, seorang analis intelijen Amerika Serikat berusia 29 tahun, telah mengungkapkan dirinya sebagai sumber yang mengungkapkan telepon rahasia pemerintah Amerika Serikat dan program pengawasan Internet. Beberapa pembocor yang terkenal lainnya dalam sejarah adalah:


Daniel Ellsberg

Seorang analis militer. Ia menerobos Pentagon Papers--studi rahasia Departemen Pertahanan AS tentang keterlibatan AS di Vietnam--dan menyerahkannya pada The New York Times dan surat kabar lainnya pada tahun 1971.

W. Mark Felt

Seorang associate director di FBI. Dia dikenal sebagai Deep Throat, sumber yang memberi informasi tentang Watergate untuk The Washington Post pada tahun 1970. Dia membuka tabir dirinya pada tahun 2005.


Mordechai Vanunu

Dia adalah seorang teknisi nuklir Israel pada tahun 1986 ketika ia mengungkapkan program senjata nuklir Israel. Ia menjalani 18 tahun penjara.


Frédéric Whitehurst

Dimulai pada tahun 1992, agen FBI ini memberi kesaksian tentang buruknya kinerja dan ketidakakuratan dari laboratorium kriminal FBI.


Jeffrey Wigand

Seorang eksekutif tembakau Brown & Williamson, ia bekerja sama dengan program televisi CBS "60 Minutes" dan Food and Drug Administration pada 1990-an dalam mengungkap produsen praktek di perusahaan rokok.

Bradley Manning

Prajurit AS ini memberikan dokumen diplomatik dan militer yang berkode "sangat rahasia" kepada WikiLeaks. Pengadilan atasnya masih berlangsung di Pengadilan Militer di Fort Meade.